468x60 Ads



Uang Bukan Segalanya, Segalanya Tidak Bisa Dibeli dengan Uang Tapi Segalanya membutuhkan Uang

Uang, uang, uang, uang begitulah kata Mr. Krabs dalam sebuah adegan di cerita Spongebob, bahkan dia sering mandi dengan uangnya (aneh banget, namanya juga kartun).

Kalau kita di tanya seseorang tentang apa yang sebenarnya dicari dalam hidup kita, apa jawaban anda? Secara garis besar ada tiga hal yang penting untuk direnungkan. Yang pertama kita mencari kehidupan dunia saja (benar - benar memanfaatkan hidup sebelum matinya hanya untuk berfoya - foya saja). Yang kedua kita mencari kehidupan akherat saja (selalu memanfaatkan setiap detik dalam hidupnya untuk bersujud kepadaNYA tanpa memperdulikan kehidupan duniawi). Dan yang terakhir kita menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akherat (prinsip berhubungan dengan Allah SWT tuhan semesta dan manusia sebagai makhluk sosial). Renungkan sendiri kita masuk dihal yang mana?.

Kembali ke "uang," dengan uang kita bisa melakukan banyak kebaikan misalnya: sodaqah, menyantuni anak yatim, membangun sekolah (di negara ini kan banyak sekolah yang hampir roboh), membantu orang miskin yang sakit, dan banyak lagi yang lainnya. Disisi lain dengan uang kita bisa melakukan kejahatan misal: membeli hukum (lagi tren di negeri ini), membeli kebenaran (ini juga lagi tren) serta mendzalimi rakyat kecil dan lain - lain. Tidak bisa dipungkiri bahwa uang merupakan salah satu sumber kebahagiaan terlepas halal atau haram uang yang didapat, kita mencukupi hidup juga dengan uang. Makan dan minum beli, sekolah harus bayar (walaupun ada iklan dengan slogan sekolah gratisnya), keluar toilet umumpun harus bayar. Dengan uang apapun bisa kita dapatkan tinggal seberapa banyak uang kita, tapi tidak semua bisa dibeli dengan uang. Apa kita bisa membeli ridlo illahi, apa kita bisa membayar kematian, apa kita bisa beli pahala dan menjual dosa kita dan apa kita bisa menghidupkan orang mati dengan uang? Tentu tidak.

Bagi yang dilebihkan harta jangan sombong karena dunia dan isinya ini bukan diciptakan dari uang, sebaliknya bagi yang sedikit harta jangan bersedih hati ada hal yang lebih penting dari harta yaitu keikhlasan menerima keadaan.

Kita meninggal tidak akan membawa uang tapi dengan uang kita bisa buat mati kita lebih indah.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger